Skip to main content

Pengertian dan rumus energi hidrolik (hydraulic energy)



Energi hidrolik (hydraulic energy) adalah kemampuan air untuk melakukan usaha. Sedangkan usaha merupakan jumlah energi yang bekerja per satuan waktu.
Ada dua macam energi hidrolik yaitu energi kinetik dan energi potensial.
a. Energi kinetik
            Energi kinetik adalah energi akibat dari aliran air dalam pipa dirumuskan :
EK = v2/2 . g
Dimana :
EK       = Energi kinetik hidrolis, m
v          = Kecepatan aliran, m/dt
g          = Percepatan grafitasi, m2/dt
b. Energi potensial
            Energi potensial adalah energi yang dihasilkan oleh tekanan yang bekerja dalam air atau energi yagn di hasilkan oleh adanya selisih ketinggian (elevasi).
1.      Energi potensial tekanan
Energi potensial tekanan merupakan energi yagn dimiliki oleh partikel partikel air yang berada dalam tekanan yang bersesuaian.
Dirumuskan :
Ep = p/w
Dimana :
Ep          = energi potensial tekanan, m
P            = tekanan, kg/m2
W          = berat volume air, kg/m3
2.      Energi potensial ketinggian
Energi potensial ketinggian merupakan energi potensial yang dimiliki oelh partikel air terhadap garis persamaan (datum) yang ditentukan . energi potensial ketinggian diberi notasi 2 dengan satuan m.
Total energi hidrolis aliran dalalm pipa pada suatu titik energi dirumuskan seagai berikut :
                          H = z + v2/2.g+ P/W


Menurut hukum kekentalan energi : pada setiap titik sepanjang aliran dalam pipa, energi hidrolis adalah konstan. Pengurangan atau kehilangan energi akan dirubah dalam bentuk energi lain, sehingga untuk persamaan energi untuk titik 1 dan titik 2 sebagai berikut :


Dimana :
Z            = Jarak vertikal dari pipa terhadap garis persamaan, m
P            = Tekanan dalam, Kg/m2
w           = Berat volume air, kg/m3
v            = Kecepatan air, m/dt
g            = Percepatan grafitasi, m/dt2
hf           = Kehilangan energi, m

1. Kehilangan energi
Dalam saluran tertutup (pipa) aliaran air mengalami hambatan-hambatan atau kehilangan energi karena kekasaran pipa, turbulensi aliran dan kehilangan energi diartiakan dalam kehilangan kecepatan.
Kehilangan energi dalam saluran tertutup di klasifikasikan dalam 2 macam yaitu :
a. Kehilangan energi minor (minor losses)
þ  Kehilangan energi minor adalah kehilangan energi yang disebabkan oleh :
1.      Perluasan penampang mendadank (student enlargement)
2.      Penyempitan penampang mendadak ( student contraction)
3.      Pemasukan dalam pipa (entrance to pipe)
4.      Keluaran dari pipa
5.      Belokan pipa (charge of pipa)
6.      Halangan dalam aliran (obtraction int the path of pipe)
7.      Penyempitan penampang secara teratur
8.      Perluasan penampang secara teratur tinggi (gradual enlargenment)
9.      Kehilangan tinggi di katup dan krane (pipe fitting)
b. Kehilangan energi mayor (mayor losses)
Ada dua persamaan yang  dapat digunakan untujk menghitung kehilangan energi mayor, yaitu :
þ  Persamaan Darcy Weisbach
þ  Persamaan Chezy
1.      Persamaan Darcy Weisbach
Kehilangan energi mayor menurut Darcy Weisbach dirumuskan sebagai berikut :
 
hf : 0,005 (L + 1/12 D), untuk pipa baru (halus)
hf : 0,01 (L + 1/12 D), untuk pipa lama (kasar)
Dimana :
hf       = Kehilangan energi mayor, m
f         = Koefisienb geseran pipa
L        = Panjang pipa, m
v        = Kecepatan air, m/dt
g        = Percepatan grafitasi, m/dt2
D       = Diameter pipa, m
 
2.     Persamaan De Chezy
Kehilangan aliran dalam pipa menurut De Chezy adalah sebagai berikut :




Dimana :
i         = Kemiringan tekanan hidrolis
m       = Jari-jari hidrolis, m
A       = Luas penampang pipa, m2
D       = Keliling penampang pipa, m
C       = Koefisien De Chezy,
V       = Kecepatan aliran, m/dt



Comments

  1. Manfaat Hidrolik Cuci Mobil Merek Defin Hidrolik Nusantara

    Sebagian orang yang punya mobil cukup banyak yang dapat lebih memilih untuk mencuci kendaraannya di Nusantara car wash yang lebih profesional daripada kudu mencuci mobilnya sendiri di rumah. Selain itu termasuk tidak bakal perlu sibuk dan menghabiskan waktu. Dengan mencuci kendaraannya di area pencucian sebenarnya lebih praktis, cepat dan mudah, serta bisa bersih total. Hal ini sebab pada jasa pencucian mobil maka kebanyakan udah ada bermacam peralatan penunjang seperti Hidrolik Cuci Mobil Defin Hidrolik Nusantara, selang penyemprot air ataupun udara bertekanan tinggi dan lain sebagainya, sehingga mobil pun sanggup bersih tuntas.

    Apa itu Sistem Hidrolik

    Alat pembantu(hidrolik) adalah sebuah pelengkapan pendukung atau mesin yang bekerja bersama dengan proses hidrolik. Sistem hidrolik ialah suatu sistem yang bekerja bersama dengan cara memindahkan energi bersama sarana pengantarnya yaitu bersama dengan manfaatkan zat cair. Sehingga kekuatan yang dihasilkan dari proses hidrolik ini ialah berupa energi mekanis.

    Hidrolik Cuci Mobil Merek Nusantara Defin Hidrolik Nusantara

    Sedangkan terhadap alat hidrolik cuci motor atau alat Hidrolik Cuci Mobil Hidrolik Nusantara maka tempat fluidnya ialah berupa cairan oli. Kami sediakan paket Hidrolik di dalam harga yang ekonomis namun dalam mutu yang terjaga baik. Sangat cocok dan ideal untuk menunjang bisnis bisnis jasa cuci mobil dan motor.

    Dengan gunakan alat atau mesin Hidrolik Mobil Hidrolik Nusantara itu maka kendaraan beroda empat layaknya mobil dan termasuk truk dapat diangkat dan lalu dibersihkan secara tuntas dan bersih keseluruhan sampai ke bagian kolong mobil, yang sering kali sulit terjangkau dan dibersihkan. Padahal anggota kolong bawah mobil itu justru merupakan area atau anggota mobil yang paling sulit dibersihkan sementara juga justru menjadi tempat anggota di mobil yang paling kotor dan paling kerap terkena dan tertempel dan menjadi tempatnya beraneka kotoran, yakni berbentuk debu maupun hingga berbagai kotoran cipratan genangan air kotor dan aneka kotoran lainnya yang didapat sepanjang mobil melewati berbagai situasi jalan.

    Jika kotoran yang melekat terhadap bagian bawah mobil selanjutnya tidak langsung dibersihkan dan ditunaikan perawatan secara berkala maka perihal selanjutnya bakal bisa merusak mobil, sebabkan timbulnya karat dan keropos yang terhadap pada akhirnya akan merembet kerusakannya ke semua body mobil dan merusaknya. Alat Hidrolik Cuci Mobil Merek Nusantara dapat terlalu menopang proses pembersihan anggota susah di anggota kolong bawah mobil selanjutnya bersama dengan secara prima dan lebih mudah.

    Namun sudah pasti mesti memilih alat pendukung cuci mobil berikut yang memiliki kualitas baik. Dengan demikian bakal sanggup mengangkat mobil bersama dengan sempurna dalam posisi yang rata agar beragam kotoran sanggup dibersihkan dengan tuntas. Lalu termasuk aman, gara-gara lumayan kuat dan kokoh supaya meminimalkan mungkin terjatuhnya atau melorotnya mobil ke bawah terhadap sementara dicuci akibat terjadinya gangguan atau rusaknya pada alat

    Hidrolik Mobil Merek Nusantaranya.

    Hidrolik Nusantara merupakan alat Hidrolik kualitas terbaik yang ada, yang dapat diandalkan.

    Cara Merawat Hidrolik Mobil

    ->Rutin periksa volume oli yang ada terhadap tabung Hidrolik Mobil atau Motornya.
    ->Apabila volume fluid Hidrolik yaitu oli nya menyusut jumlah volumenya, maka segera jalankan menambahkan agar memenuhi ketetapan penggunaannya sebagaimana yang tercantum di manual booknya.

    Pergunakan alat Hidrolik Cuci Mobil Merek Defin Hidrolik Nusantara yang memiliki kwalitas sehingga awet dan termasuk aman.

    ReplyDelete
  2. kebetulan lagi cari info ini makasih ya kak

    spesifikasi komatsu pc400

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian tangga dan fungsinya teknik sipil terlengkap

Pengertian tangga dan fungsinya                  Tangga merupakan jalur yang mempunyai undak - undak (trap) yang menghubungakan satu lantai dengan lantai diatasnya dan mempunyai fungsi sebagai jalan untuk naik dan turun antara lantai tingkat. Rencana letak ruang tangga •        Penempatan atau letak ruang tangga tersendiri mudah dilihat dan dicari orang, tidak berdekatan dengan ruang lain agar tidak menggangu aktifitas penghuni lain. •        Tangga juga mempunyai fungsi sebagai jalan darurat, direncanakan dekat dengan pintu keluar, sebagai antisipasi terhadap bencana kebakaran, gempa keruntuhan dan lain - lain. Bagian - bagian dari struktur tangga •        Pondasi tangga - Sebagai dasar tumpuan (landasan) agar tangga tidak mengalami penurunan, pergeseran.                 - Pondasi tangga bisa dari pasangan batu kali, beton bertulang atau kombinasi dari kedua bahan dan pada dibawah pangkal tangga harus diberi balok anak sebagai pengaku pelat lantai, agar lantai

Definisi struktur dan kontruksi bangunan terlengkap

              STRUKTUR Struktur adalah bagian-bagian yang membentuk bangunan seperti pondasi , sloof, dinding, kolom, ring, kuda-kuda, dan atap. Pada prinsipnya, elemen struktur berfungsi untuk mendukung keberadaan elemen nonstruktur yang meliputi elemen tampak, interior, dan detail arsitektur sehingga membentuk satu kesatuan. Setiap bagian struktur bangunan tersebut juga mempunyai fungsi dan peranannya masing-masing. Kegunaan lain dari struktur bangunan yaitu meneruskan beban bangunan dari bagian bangunan atas menuju bagian bangunan bawah, lalu menyebarkannya ke tanah. Perancangan struktur harus memastikan bahwa bagian-bagian sistem struktur ini sanggup mengizinkan atau menanggung gaya gravitasi dan beban bangunan, kemudian menyokong dan menyalurkannya ke tanah dengan aman. Terdapat tiga bagian dari struktur bangunan antara lain : Struktur bawah (substruktur) adalah bagian-bagian bang

Contoh Perhitungan Perencanaan Awal Dimensi Balok Teknik Sipil

Denah Perencanaan Awal Dimensi Struktur Menurut SNI 2847 pasal 11.5 bahwasanya untuk ukuran balok di tentukan bahwa tinggi balok minimum berkisar antara 1/8 bentang s/d 1/21 bentang.             Balok induk memanjang ( L = 8000 mm)             Tinggi balok (h)           = (1/10 – 1/14) x L                                                 = 1/12 x 8000 mm                                                 = 670 mm = 700 mm             Lebar balok (b)            = (1/2-2/3) x L                                                 = 1/2 x 700 mm                                                 = 350 mm = 400 mm Dimensi balok induk memanjang 400/700 mm             Balok induk melintang ( L = 5000 mm)             Tinggi balok (h)           = (1/10 – 1/14) x L                                                 = 1/10 x 5000 mm                                                 = 500 mm             Lebar balok (b)            = (1/2-2/3) x L