Pengertian tangga dan fungsinya
Tangga merupakan jalur yang mempunyai undak - undak (trap) yang menghubungakan satu lantai dengan lantai diatasnya dan mempunyai fungsi sebagai jalan untuk naik dan turun antara lantai tingkat.
Rencana letak ruang tangga
•
Penempatan
atau letak ruang tangga tersendiri mudah dilihat dan dicari orang, tidak
berdekatan dengan ruang lain agar tidak menggangu aktifitas penghuni lain.
•
Tangga
juga mempunyai fungsi sebagai jalan darurat, direncanakan dekat dengan pintu
keluar, sebagai antisipasi terhadap bencana kebakaran, gempa keruntuhan dan
lain - lain.
Bagian - bagian dari struktur tangga
•
Pondasi
tangga
- Sebagai dasar tumpuan (landasan) agar tangga tidak mengalami penurunan, pergeseran.
- Sebagai dasar tumpuan (landasan) agar tangga tidak mengalami penurunan, pergeseran.
- Pondasi tangga bisa dari
pasangan batu kali, beton bertulang atau kombinasi dari kedua bahan dan pada
dibawah pangkal tangga harus diberi balok anak sebagai pengaku pelat lantai,
agar lantai tidak menahan beban terpusat yang besar.
•
Ibu
tangga
- Merupakan bagian dari tangga sebagai konstruksi pokok yang berfungsi untuk mendukung anak tangga.
- Merupakan bagian dari tangga sebagai konstruksi pokok yang berfungsi untuk mendukung anak tangga.
•
Anak
tangga
- Anak tangga berfungsi sebagai bertumpunya
telapak kaki, dibuat dengan jarak yang sama dan selisih tinggi (trap) dibuat,
supaya kaki yang melangkah menjadi nyaman, enak untuk melangkah, bentuk anak
tangga dapat divariasikan sesuai selera pemilik atau arsiteknya.
•
Pagar
tangga
- Pagar tangga atau reilling tangga adalah bagian dari struktur tangga sebagai pelindung yang diletakkan disamping sisi tangga dan di pasang pada/ diatas ibu tangga untuk melindungi agar orang tidak terpelosok jatuh.
- Pagar tangga dapat dibuat dengan macam - macam variasi agar lebih artistik dan pada lantai tingkat disekitar lubang tangga harus dipasang juga pagar pengaman agar penghuni tidak terjerumus jatuh.
- Pagar tangga atau reilling tangga adalah bagian dari struktur tangga sebagai pelindung yang diletakkan disamping sisi tangga dan di pasang pada/ diatas ibu tangga untuk melindungi agar orang tidak terpelosok jatuh.
- Pagar tangga dapat dibuat dengan macam - macam variasi agar lebih artistik dan pada lantai tingkat disekitar lubang tangga harus dipasang juga pagar pengaman agar penghuni tidak terjerumus jatuh.
•
Penggunaan
tangga
- Merupakan batang yang di pasang sepanjang anak tangga untuk bertumpunya tangan agar orang turun naik tangga merasa lebih aman, pegangan tangga bertumpu pada tiang - tiang tangga yang tertanam kuat pada ibu tangga.
- Merupakan batang yang di pasang sepanjang anak tangga untuk bertumpunya tangan agar orang turun naik tangga merasa lebih aman, pegangan tangga bertumpu pada tiang - tiang tangga yang tertanam kuat pada ibu tangga.
•
Bordes
- Adalah pelat datar diantara anak - anak tangga sebagai tempat beristirahat sejenak, bordes di pasang pada bagian sudut tempat peralihan arah tangga yang berbelok.
- Untuk rumah tinggal, lebar bordes antara 80 - 100 cm dan untuk bangunan umum, lebar bordesnya dibuat antara 120 - 200 cm.
- Dapat dibuat dengan 3 model, yaitu Bordes tangga lurus, bordes tangga L dan bordes tangga U.
- Adalah pelat datar diantara anak - anak tangga sebagai tempat beristirahat sejenak, bordes di pasang pada bagian sudut tempat peralihan arah tangga yang berbelok.
- Untuk rumah tinggal, lebar bordes antara 80 - 100 cm dan untuk bangunan umum, lebar bordesnya dibuat antara 120 - 200 cm.
- Dapat dibuat dengan 3 model, yaitu Bordes tangga lurus, bordes tangga L dan bordes tangga U.
Macam - macam bentuk tangga
•
Bentuk
tangga dapat disesuaikan dengan beda tinggi lantai dan ruangan yang tersedia.
Untuk menambah suasana yang harmonis dalam ruangan, bentuk tangga juga
sebaiknya dibuat indah dan serasi dengan interior ruangan.
•
Dengan makin majunya tingkat kebudayaan
manusia, perkembangan teknologi yang memproduksi bahan dan alat bangunan, ide
para seniman, maka bentuk tangga makin lama makin berkembang bervariasi, bahkan
dewasa ini bentuk sudah merupakan seni tersendiri.
•
Bentuk
tangga yang umum banyak dipakai, yaitu:
1. Tangga lurus,
2. Tangga miring,
3. Tangga lengkung,
4. Tangga siku,
5. Tangga lingkar
· Perhitungan dan standarisasi bentuk tangga serta ukurannya
•
Membuat
tangga disamping keindahan perlu diperhatikan segi - segi teknisnya, harus
diperhatikan juga kemudahan, rasa aman, bagi orang yang melaluinya.
- Lebar anak tangga;
a) Untuk rumah tinggal, lebar
anak tangga 80 cm.
b) Untuk bangunan umum, lebar anak tangga 120 cm s/d 200 cm.
c) Untuk tangga darurat, lebar anak tangga bisa 70 cm.
b) Untuk bangunan umum, lebar anak tangga 120 cm s/d 200 cm.
c) Untuk tangga darurat, lebar anak tangga bisa 70 cm.
•
Tetapi
dapat juga diperhatikan jika yang melewati berpapasan di satu anak tangga:
a. Untuk satu orang, lebarnya 60
- 80 cm
b. Untuk dua orang, lebarnya 120
cm
c. Untuk tiga orang, lebarnya
180 cm
Lebar dan tinggi anak tangga (trap)
•
Semua
anak tangga harus dibuat bentuk dan ukuran yang seragam, dan untuk memberi
kenyamanan bagi yang turun dan naik tangga perlu diperhatikan lebar dan tinggi
anak tangga.
•
Rumus
untuk anak tangga (undak - undak)
2t + l = 60 - 65 cm
2t + l = 60 - 65 cm
t = tinggi anak tangga (tinggi tanjakan = optrede)
l = lebar anak tangga (lebar
injakan = aantrede)
•
Rumus
diatas didasarkan pada;
- Satu langkah arah datar antara
60 - 65 cm.
- Untuk melangkah naik perlu
tenaga 2 kali lebih besar dari pada melangkah datar.
•
Lebar
dan tinggi anak tangga sangat menentukan kenyamanan, yang naik tidak cepat
lelah dan yang turun tidak mudah tergelincir.
Ukuran ruang tangga:
Ruang
tangga harus dibuat leluasa, terang dan segar, harus diberi lubang ventilasi
untuk dapat udara segar dan penerangan alam, agar menghemat pemakaian listrik
pada siang hari.
•
Ukuran
ruang tangga ditentukan oleh jumlah anak tangga dan bentuk tangganya.
•
Tangga
untuk bangunan rumah tinggal, dengan lebar 100 cm, jumlah anak tangga 17 buah
dengan bordes.
Kemiringan tangga
•
-
Kemiringan tangga dibuat tidak curam, agar orang mudah untuk naik dan turun
tangga, jadi tidak banyak energi yang keluar, tetapi jika kemiringan dibuat
terlalu landai dan dapat menjemukan bagi orang yang melaluinya, disamping itu
banyak memakan tempat (space) yang ada, jadi kurang efisien.
•
-
Kemiringan tangga yang wajar berkisar antara 250 s/d 420
dan untuk bangunan rumah tinggal biasa digunakan kemiringan 380.
Konstruksi tangga
•
Konstruksi
tangga harus kuat dan stabil, karena sebagai jalan penghubung ke lantai
tingkat. Menurut peraturan pembebanan Indonesia untuk gedung, 1983, bahwa beban
ditangga lebih besar dari beban pada pelat lantai.
•
Untuk
bangunan rumah tinggal = 250 kg/ m2
•
bangunan
umum diambil = 300 kg/ m2
•
Konstruksi
tangga dapat menjadi satu dengan rangka bangunannya, jika terjadi ada penurunan
bisa menyebabkan sudut kemiringan tangga berubah, Jika konstruksi tangga
tersendiri artinya terpisah dengan struktural rangka bangunan, dibuatkan
pondasi tersendiri rangka tangga tidak menempel pada dinding diberi sela ± 5
cm.
Bahan tangga
•
Dapat
dari bahan; kayu, beton bertulang,baja, batu alam.
a). Tangga kayu;
Mudah dikerjakan, harga cukup
murah, bentuk bahan alami menambah kesejukan suasana ruang.
b). Tangga beton bertulang;
Konstruksinya kuat dan awet,
tidak cepat rusak, dapat berumur panjang, bahan tahan api. Dapat dipasang di
bangunan umum atau bangunan tingkat rendah atau sampai dengan 4 (empat) lantai.
c). Tangga baja;
Kurang serasi ditempatkan pada
ruang dalam karena bentuknya kasar, biasanya dipasang sebagai tangga pribadi
atau tangga darurat dengan bentuk lingkar.
d). Tangga dari batu alam;
Merupakan pasangan bata pada halaman
rumah, tidak terlindung, tidak memerlukan perhitungan konstruksi.
•
Disamping
beberapa jenis tangga ada juga tangga gerak (eskalator), tangga ini bergerak
naik atau turun, tanpa perlu melangkahkan kaki, karena digerakkan dengan mesin,
biasanya dipasang pada bangunan komersil dan biaya operasionalnya mahal.
Atap baja ringan
• Atap
rangka baja ringan sebagai substitusi pemakaian rangka atap kayu, karena bahan
baku kayu sekarang ini sudah langka dan kerusakan pada atap kayu cukup besar,
misalnya tidak tahan rayap.
• Untuk
pemeliharaan atap kayu harus menggunakan pengendalian rayap dan dilakukan
setiap 2 tahun sekali.
• Perbandingannya
jika menggunakan atap baja ringan Anda tidak perlu menggunakan jasa
pengendalian rayap, karena menggunakan atap baja ringan lebih efisien dan tidak
ada resiko sama sekali.
Bahan Atap Baja
Ringan dari bahan Zincalume dan Galvanis :
• Kuat dan tahan lama
• Anti Rayap
• Tahan Karat
• Tahan Cuaca
• Ramah Lingkungan
• Design Atap Fleksible
• Struktur Lebih Ringan
• Invest Jangka Panjang
• Tidak Merambatkan Api
• Pemasangan Lebih Cepat
• Bebas Biaya Pemeliharaan
• Penggunaan Untuk Berbagai Macam Type Genteng
• Anti Rayap
• Tahan Karat
• Tahan Cuaca
• Ramah Lingkungan
• Design Atap Fleksible
• Struktur Lebih Ringan
• Invest Jangka Panjang
• Tidak Merambatkan Api
• Pemasangan Lebih Cepat
• Bebas Biaya Pemeliharaan
• Penggunaan Untuk Berbagai Macam Type Genteng
Daftar Harga ( Negotiable & Flexibel )
Profile Material Harga terpasang
Profile Material Harga terpasang
¢
Canal
C Type C-75 => Galvanized 0,75 mm => Rp. 135.000 /m2
¢
Canal
C Type C-75 => Zinc Allume 0,75mm => Rp 145.000 /m2
¢
Canal
C Type C-81 => Zinc Allume 0,75 mm => Rp 175.000 /m2
¢
Talang
Jurai => Zinc Allume 0,35 mm => Rp 95.000 /m1
¢
Almunium
Foil => Single Side => Rp 20.000 /m2
¢
Almunium
Foil => Double Side => Rp. 25.000 /m2
¢
List
Plank => GRC => Rp. 90.000 /m2
Keunggulan menggunakan Rangka Atap Baja Ringan:
¢
Lebih
mengutamakan struktur dengan sistem plat Buhul di setiap tumpuan sendi (seperti
jembatan) lebih kokoh dari kuda-kuda baja lainnya.
¢
konstruksi
stabil dan aman
¢
Menggunakan
tumpuan sendi dan roll
¢
Prefabrikasi
perkomponen
¢
Tahan
terhadap karat, rayap dan perubahan cuaca dan kelembaban
¢
Bisa
dipakai dengan genteng metal maupun keramik atau beton yang berat
¢
Dirancang
stabil terhadap tekuk, puntir serta muai/mulur
¢
Pemasangan
yang profesional dan terlatih hingga cepat pengerjaannya
¢
Terdapat
banyak pilihan jenis kuda-kuda
¢
Pemilihan
bentang: 6 m - 8 m (bentang kecil), 8 m - 10 m (bentang menengah), 10 m - 12 m
(bentang besar)
¢
Lebih
dari 12 m (bentang khusus)
¢
Tersedia
material dengan galvalume, zincalume dan galvanized
Kekuatan atap baja ringan
¢
Berbeda
dengan baja konvensional, baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki
sifat ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara baja konvensional.
¢
Rangka
atap baja ringan diciptakan untuk memudahkan perakitan dan konstruksi.
¢
Meskipun
tipis, baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik 550 mpa, sementara baja
biasa sekitar 300 mpa.
¢
Kekuatan
tarik dan teganan ini untuk mengompensasi bentuknya yang tipis.
¢
Di
Indonesia, ketebelan baja ringan berkisar dari 0,4mm - 1mm.
Elemen rangka atap baja ringan
¢
Rangka
atap baja ringan memiliki beberapa elemen yaitu kuda-kuda, reng, sekrup dan
jurai dalam untuk mencegah tampias.
¢
Kuda-kuda
merupakan struktur utama dalam konstruksi atap baja ringan.
¢
Untuk
mendapatkan kuda-kuda yang kokoh, cermati lebar bentangan dan besar beban yang
akan diterima, demikian pula dengan derajat kemiringan atap.
¢
Ketebalan
material baja ringan untuk kuda-kuda dan web berkisar 0,7 - 1mm.
¢
Sementara
untuk reng sekitar 0,4 - 0,7mm.
Jarak kuda-kuda
¢
Perhitungan
kuda-kuda baja ringan amat berbeda dengan kayu, yakni cenderung lebih rapat.
¢
Semakin
besar beban yang harus dipikul, jarak kuda-kuda semakin pendek.
¢
Misalnya
untuk genteng dengan bobot 40 kg/m2 jarak kuda-kuda bisa dibuat setiap 1,4m.
¢
Sementara
bila bobot genteng mencapai 75kg/m2, maka jarak kuda-kuda menjadi 1,2m.
¢
Perhitungan
ini masih dipengaruhi banyak faktor.
Kelebihan
¢
Karena
bobotnya yang ringan maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh
struktur di bawahnya lebih rendah.
¢
Baja
ringan bersifat tidak membesarkan api (non-combustible).
¢
Konsumen
tidak perlu kuatir baja ringan dimakan rayap.
¢
Pemasangannya
relatif sangat cepat apabila dibandingkan rangka kayu.
¢
Baja
ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut.
Kekurangan
¢
Kerangka
atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu, sistem rangkanya yang
berbentuk jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafon.
¢
Karena
strukturnya yang seperti jaring ini maka bila ada salah satu bagian struktur
yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya.
¢
Rangka
atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk
berbagai profil.
Spesifikasi Material :
¢
Material
: Baja dengan kuat tarik tinggi.
¢
Kuat
Tarik : SGC570(Lebih tinggi dari 550 Mpa)
¢
Berat
struktur :7-10 kg/m
¢
Material
Standard : JISG3302
¢
Lapisan
Anti Karat : Galvanis dengan anti karat, dapat bertahan dalam udara lembab dan
tidak menimbulkan karat jika terkena semen.
Rangka atap baja
Ringan sebagai alternative
Dalam memilih rangka
atap baja ringan yang berkualitas,
perlu diperhatikan
beberapa hal penting sebagai berikut:
¢
MUTU BAJA
Material baja ringan (Light Steel) ,
mempunyai spesifikasi kekuatan lebih tinggi dari pada baja biasa.
Spesifikasi minimum baja ringan yang
dipakai (G550) adalah:
1. Kekuatan Leleh Minimum : 550 MPa
2. Tegangan Maksimum : 550 MPa
3. Modulus Geser : 50.000 MPa
4. Modulus Elastisitas : 20.000 MPa
1. Kekuatan Leleh Minimum : 550 MPa
2. Tegangan Maksimum : 550 MPa
3. Modulus Geser : 50.000 MPa
4. Modulus Elastisitas : 20.000 MPa
¢
Karena
ketebalan profil baja ringan sangat tipis (yang beredar di Indonesia berkisar
0,5 sampai 1 mm), bahan baja yang harus dipakai adalah baja mutu tinggi atau
biasa disebut High Tension Steel, umumnya (standar) G550
¢
Artinya
Yield Strength maupun Tension Strength dari baja tersebut minimal 550 MPa.
(“minimal” tidak sama dengan “rata-rata” dengan kata lain sewaktu diuji tarik
di laboratorium, tension strength-nya tidak boleh kurang dari 550 MPa)
¢
Lapisan
Anti Karat Di Indonesia lapisan anti karat yang umumnya dipakai adalah lapisan
Z (Zinc) yang sering disebut Galvanis atau lapisan AZ (Aluminum dan Zinc).
¢
Masing-masing
lapisan punya kelebihan maupun kekurangan sendiri. Banyak orang salah mengerti
bahwa bahan Aluminum Zinc lebih baik daripada Zinc (Galvanis)
¢
Padahal
yang menentukan adalah ketebalan lapisan yang dipakai, bukan jenisnya.
¢
Untuk
mencapai taraf ketahanan yang relatif setara, ketebalan lapisan Zinc yang
dipakai harus lebih tebal daripada Aluminum Zinc.
¢
Standar
umum untuk bahan struktural (menanggung beban), ketebalan lapisan Aluminum Zinc
tidak boleh kurang dari 150 gram/m2 (AZ 150)
¢
Sedangkan
untuk lapisan Zinc (Galvanis) tidak kurang dari 200 gram/m2 (Z 200
¢
Sistem
Pengaku / Bracing dan Murplat (Top Plate) Rangka atap baja ringan dibuat dari
baja tipis, meskipun telah dibuat menjadi bentuk profil yang kokoh, kekuatannya
tinggi tetapi kekakuannya lemah (dibanding balok kayu misalnya).
¢
Dengan
kekakuan yang lemah, struktur rangka atap baja ringan harus dilengkapi dengan
batang pengaku / bracing yang cukup.
¢
Banyak
kasus rangka atap baja ringan yang roboh akibat kurangnya batang
pengaku/bracing ini.
¢
Batang
pengaku / bracing yang harus dipasang terdiri dari:
Bottom Chord Bracing, pengaku pada
batang bawah
Lateral Tie, pengaku batang (web)
tekan
Diagonal Web Bracing (ikatan angin),
untuk meneruskan gaya dari lateral tie
Top Chord Bracing, pengaku batang
atas, biasanya berupa reng
Strapbrace®, hanya dipasang untuk
atap dengan bentang besar atau bangunan yang panjang Peraturan bangunan
(building code) baik di Jepang, Amerika, Australia bahkan Malaysia pun
mewajibkan pemasangan bracing secara lengkap.
Kita juga memerlukan top plate
(murplat) untuk menjamin kesatuan rangka atap dan yang diikat dengan dynabolt
ke ring balok tumpuan.
Alat Sambung Self Drilling Screw dan
Pemasangannya Salah satu bagian terpenting dari struktur rangka atap baja
ringan adalah alat sambung, yang biasanya berupa Self Drilling Screw (SDS),
atau sekrup dengan ujung penembus baja tanpa mur.
Untuk baja tipis, SDS yang dipakai
harus jenis khusus dengan alur yang kasar, dan adanya ruang di bawah kepala
baut.
Alur yang kasar akan membuat baja
tipis tersusun di antara alur (bukan dirusak oleh alur), sehingga SDS mampu
memikul beban yang besar di sambungan.
Hal lain yang juga penting adalah
bahwa pemasangan SDS harus memakai alat khusus berupa screw driver yang
dilengkapi dengan kontrol torsi.
Tanpa adanya kontrol torsi, SDS
beresiko kehilangan fungsinya karena aus (overtighten), di mana keadaan ini
amat berbahaya.
Pada rangka atap kayu, kalau satu
kuda-kuda mengalami ‘kegagalan’, hanya kuda-kuda tersebut yang roboh, sedangkan
rangka atap baja ringan mempunyai tendensi untuk roboh secara keseluruhan
mengingat bahan baja tidak mudah patah / putus seperti kayu.
LAPISAN ANTI
KARAT
¢
Di
Indonesia, lapisan anti karat yang umum dipakai adalah lapisan AZ (Aluminium
Zinc Alloy) dan lapisan Z (Zinc) yang disebut Galvanis. Lapisan Zinc tidak
korosif terhadap adukan semen bila dibandingkan lapisan AZ yang cenderung
korosif terhadap air semen. Ini penting karena kebanyakan bangunan di Indonesia
masih memakai karpusan yang biasanya diisi lapisan semen pada bagian noknya.
¢
Seringkali
konsumen menganggap bahwa Aluminium Zinc lebih baik dari pada Zinc, tapi sekali
lagi yang penting adalah apakah ketebalan lapisan anti karat yang dipakai
memenuhi standar yang sudah diuji kelayakannya oleh lembaga-lembaga yang
berwenang untuk itu.
¢
Sebagai
contoh sesuai dengan ASTM A 1003 / A1003 M – 05 tebal lapisan anti karat
minimum untuk lapisan AZ adalah 150 gr/m2 dan untuk lapisan Z adalah 180 gr/m2.
Spesifikasi
Lapisan Anti Karat Brady Steel Roof Sistem:
- Lapisan Zinc (Galvanis)
- Memakai Coating Spesifikasi Z220
- Lapisan Zinc (Galvanis)
- Memakai Coating Spesifikasi Z220
(220gr/m2)
- Memenuhi standar (180 gr/m2) dari :
- Memenuhi standar (180 gr/m2) dari :
¢
ASTM
A 1003 / A 1003 M – 05
¢
AS
1397 – 2001
¢
JIS
G3302 – 1998
KONEKTOR
¢
Alat
sambung merupakan salah satu bagian penting pada struktur rangka atap. Jenis
alat sambungnya tentunya harus disesuaikan dengan fungsi dan penempatannya.
SELF DRILLING
SCREW (SDS)
¢
Yaitu
sekrup dengan ujung penembus baja tanpa mur.
¢
Untuk
baja tipis:
1. SDS yang dipakai harus jenis khusus dengan alur yang kasar, dan adanya ruang di bawah kepala baut
2. Alur yang kasar akan membuat baja tipis tersusun diantara alur, bukan rusak oleh alur, sehingga SDS mampu memikul beban yang besar di sambungannya.
3. SDS yang mudah didapat di pasaran umumnya mempunyai alur yang rapat/ halus, dimana SDS ini khusus dipakai untuk sambungan baja tebal, bukan untuk baja ringan
1. SDS yang dipakai harus jenis khusus dengan alur yang kasar, dan adanya ruang di bawah kepala baut
2. Alur yang kasar akan membuat baja tipis tersusun diantara alur, bukan rusak oleh alur, sehingga SDS mampu memikul beban yang besar di sambungannya.
3. SDS yang mudah didapat di pasaran umumnya mempunyai alur yang rapat/ halus, dimana SDS ini khusus dipakai untuk sambungan baja tebal, bukan untuk baja ringan
SDS khusus untuk struktur baja ringan.
¢
Minimum
Corrosion Rating : Class 2 – Zinc Plated
Sesuai dengan :
- AS 3566.1-2002
- AS 3566.2-2002
Sesuai dengan :
- AS 3566.1-2002
- AS 3566.2-2002
¢
Panjang
(tanpa kepala baut) : 16 mm
¢
Kepadatan
Alur : 16 alur per inci
¢
Diameter
Badan :
- Dengan Alur : 4.80 mm
- Tanpa Badan : 3.80 mm
- Dengan Alur : 4.80 mm
- Tanpa Badan : 3.80 mm
¢
Single
Shear Strength : 5.1 kN
¢
Axial
Tensile Strength : 8.6 kN
¢
Torsional
Strength : 6.9 kN
Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
ReplyDeletepinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)
siapa penulis ini ?
ReplyDeleteMakasih banyak Jasa Pembuatan Website Toko Online serta layanan Jasa Pembuatan Website Penjualan Online dan
ReplyDeleteJasa Pembuatan Online Shop
Grosir Jilbab Murah - Jilbab Segi Empat Terbaru dan Jilbab Instan Terbaru serta Jasa Pembuatan Website Murah serta Buat Toko Online Murah juga Jilbab Pasmina Terbaru