Skip to main content

manfaat penting membaca bagi kehidupan



Mengapa Membaca Dapat Mengubah Hidup Kita?


Guys, apakah Anda tahu dengan membaca buku , hidup kita bisa berubah, terutama pemikiran dan gaya hidup kita sehari-hari ? Fakta telah membuktikan bahwa membaca dapat membuat kita jauh lebih cerdas .

Untuk memiliki pengetahuan ini , salah satu kegiatan yang sangat efektif adalah dengan membaca . Membaca merupakan sarana untuk mentransfer pengetahuan. Ayat-ayat Quran yang pertama kali turun ketika Nabi Muhammad di Gua Hira ' adalah " Iqra " , yang berarti membaca .

Tuhan juga memberitahu kita untuk membaca , menunjukkan bahwa membaca itu sangat penting . Nabi Muhammad pernah berkata bahwa jika Anda ingin bertahan hidup ( berhasil ) akhirat adalah ilmu , jika Anda juga ingin bertahan hidup (berhasil ) di dunia juga dengan ilmu pengetahuan . Dan jika Anda ingin bertahan hidup ( berhasil ) dengan pengetahuan tentang akhirat juga.

Membaca dapat mengubah kehidupan orang-orang yang suka membaca buku ini karena beberapa alasan :
• Membaca membutuhkan otak menjadi aktif , mendorong neuron dan benar-benar membuat kita lebih cerdas .
• Membaca menyebabkan dendrit ( bagian dari neuron di mana ingatan disimpan ) untuk membangun , meningkatkan kapasitas memori .
• Membaca membutuhkan fokus , sehingga meningkatkan konsentrasi kita .
• Membaca bila dilakukan untuk bersenang-senang , mengurangi stres dan baik untuk kesehatan secara keseluruhan .
• Membaca membuat kita berpikir dan menerapkan apa yang telah kita baca , benar-benar meningkatkan keterampilan penalaran kita .
• Sudah sangat jelas fakta yang juga setidaknya membuat anak pintar karena rajin membaca . Mereka mampu meningkatkan daya imajinasi , kemampuan penalaran dan apa setiap pembacaan .

Jika bacaan pertama hanya terfokus pada buku , maka membaca saat ini bisa dilakukan melalui internet seperti wikipedia , dan banyak artikel yang beragam yang kita dapatkan melalui media . Terutama mengingat kemudahan teknologi internet hari ini kita dapat membaca artikel atau buku yang kita ingin pergi melalui gadget ipad , tablet , atau smartphone .

Namun, keberadaan buku ini masih merupakan hal yang sangat penting . Karena tidak semua orang bisa membaca dengan smartphone atau tidak semua orang dapat mengakses buku melalui smartphone internet karena masalah jaringan .

Namun pada kenyataannya , di era milenium di mana orang datang dalam kontak dengan internet hampir 24 jam untuk membuat perubahan besar dalam dunia membaca . Dan ini adalah apa yang terjadi pada dunia mahasiswa :
·         Hanya 10 % dari siswa menggunakan buku-buku dari perpustakaan untuk membantu mereka belajar
·         100 % dari siswa menggunakan Wikipedia ( perpustakaan online terbesar ) untuk mempelajari
·         80 % dari siswa menggunakan jaringan sosial untuk membantu mereka belajar
·         55 % dari siswa menggunakan layanan online untuk membantu mereka menulis makalah mereka
Meskipun demikian , membaca di mana saja lebih baik daripada tidak membaca sama sekali . Begitu besar adalah pengaruh membaca dalam kehidupan ketidaktahuan manusia menjadi wawasan . Ketidaktahuan menjadi intelijen . Itulah mengapa negara-negara maju adalah membaca sangat prihatin dan perpustakaan .

Minat baca berbanding lurus dengan tingkat kemajuan pendidikan bangsa bangsa . Jepang pada tahun 1945 dibom oleh Sekutu sampai dua hancur kotanya , untuk kenaikan pertama dilakukan dengan mengumpulkan para guru . Jepang yakin , bahwa mereka akan mampu bangkit dan pergi ke salah satu negara terkemuka di dunia , adalah karena keprihatinan dengan pendidikan .

Membaca adalah fundamental, wawasan ke dalam dunia di mana kita bisa tahu hanya dengan membaca buku-buku bagus , dan artikel yang tersebar dimediasi . Sebuah pikiran yang cerdas datang dari membaca itulah sebabnya membaca titik awal untuk kemajuan bangsa .

Bahkan Bill Gates selalu membaca buku dalam kehidupan sehari-hari dan menunjukkan apa buku yang dia baca di situs resminya . Demikian juga dengan Warren Buffett , yang menjadi salah satu orang terkaya selain Bill Gates mengatakan bahwa ia mengubah buku , dan begitu terinspirasi oleh Profesor yang mengajar sebagai dosen dengan sebuah buku yang dibuat oleh dosennya .

jadi mari buat diri kita menjadi pembelajar yang baik salah satunya dengan membaca buku. Buku adalah jendela dunia hal itulah yang sering diberitahukan guru dan orang tua kita. Mari membaca...!

Comments

  1. Membaca buku memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya yaitu dapat menambah wawasan sehingga otak menjadi lebih cerdas.. terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian tangga dan fungsinya teknik sipil terlengkap

Pengertian tangga dan fungsinya                  Tangga merupakan jalur yang mempunyai undak - undak (trap) yang menghubungakan satu lantai dengan lantai diatasnya dan mempunyai fungsi sebagai jalan untuk naik dan turun antara lantai tingkat. Rencana letak ruang tangga •        Penempatan atau letak ruang tangga tersendiri mudah dilihat dan dicari orang, tidak berdekatan dengan ruang lain agar tidak menggangu aktifitas penghuni lain. •        Tangga juga mempunyai fungsi sebagai jalan darurat, direncanakan dekat dengan pintu keluar, sebagai antisipasi terhadap bencana kebakaran, gempa keruntuhan dan lain - lain. Bagian - bagian dari struktur tangga •        Pondasi tangga - Sebagai dasar tumpuan (landasan) agar tangga tidak mengalami penurunan, pergeseran.                 - Pondasi tangga bisa dari pasangan batu kali, beton bertulang atau kombinasi dari kedua bahan dan pada dibawah pangkal tangga harus diberi balok anak sebagai pengaku pelat lantai, agar lantai

Definisi struktur dan kontruksi bangunan terlengkap

              STRUKTUR Struktur adalah bagian-bagian yang membentuk bangunan seperti pondasi , sloof, dinding, kolom, ring, kuda-kuda, dan atap. Pada prinsipnya, elemen struktur berfungsi untuk mendukung keberadaan elemen nonstruktur yang meliputi elemen tampak, interior, dan detail arsitektur sehingga membentuk satu kesatuan. Setiap bagian struktur bangunan tersebut juga mempunyai fungsi dan peranannya masing-masing. Kegunaan lain dari struktur bangunan yaitu meneruskan beban bangunan dari bagian bangunan atas menuju bagian bangunan bawah, lalu menyebarkannya ke tanah. Perancangan struktur harus memastikan bahwa bagian-bagian sistem struktur ini sanggup mengizinkan atau menanggung gaya gravitasi dan beban bangunan, kemudian menyokong dan menyalurkannya ke tanah dengan aman. Terdapat tiga bagian dari struktur bangunan antara lain : Struktur bawah (substruktur) adalah bagian-bagian bang

Contoh Perhitungan Perencanaan Awal Dimensi Balok Teknik Sipil

Denah Perencanaan Awal Dimensi Struktur Menurut SNI 2847 pasal 11.5 bahwasanya untuk ukuran balok di tentukan bahwa tinggi balok minimum berkisar antara 1/8 bentang s/d 1/21 bentang.             Balok induk memanjang ( L = 8000 mm)             Tinggi balok (h)           = (1/10 – 1/14) x L                                                 = 1/12 x 8000 mm                                                 = 670 mm = 700 mm             Lebar balok (b)            = (1/2-2/3) x L                                                 = 1/2 x 700 mm                                                 = 350 mm = 400 mm Dimensi balok induk memanjang 400/700 mm             Balok induk melintang ( L = 5000 mm)             Tinggi balok (h)           = (1/10 – 1/14) x L                                                 = 1/10 x 5000 mm                                                 = 500 mm             Lebar balok (b)            = (1/2-2/3) x L