MOH.ZAHIR KHARIRI
SIPIL 1 C
201510340311125

A. HAKIKAT ORGANISASI
Organisasi berasal dari kata organon yang dalam bahasa
yunani yaitu berarti alat . Organisasi merupakan suatu kumpulan orang-orang
yang melakukan suatu kegiatan yamg mempunyai tujuan bersama sesuai dengan
perencanaan yang telah di terapkan oleh organisasi tersebut.
Pada dasarnya organisasi mengadung beberapa elemen penting
yang memberi gambaran tentang hakikat
organisasi,yaitu :
1.
Bahwa organisasi merupakan suatu kerangka
sosial,yaitu kerangka yang menunjukan hubungan antar individu dalam organisasi
2.
Bahwa dalam organisasi terdapat koordinasi yang
di rancang untuk mengatur kegiatan kegiatan orang
3.
Bahwa organisasi terdapat pembagian kerja yang
di atur dengan tingkat otoritas
4.
Seluruh kegiatan di tujukan untuk kegiatan
pencapaian tujuan bersama
Dengan hal tersebut , memang organisasi memiliki arti sangat
strategis dan peran yang dapat mengelola kehidupan manusia agar lebih mempunyai
hakikat yang bermakna. Hakikat organisasi pada dasarnya berorientasi terhadap
aspirasi dari pihak pihak yang memiliki kepentingan terhadap organisasi.
Hakikat oraganisasi menjadi pondasi dasar dan asas dalam pengelolahan
organisasi untuk mencapai tujuannya demi terciptanya sistem manajerial yang
baik.
Organisasi tanpa manajemen akan menjadi kacau dan bahkan
mungkin gulung tikar. Hal ini terbukti dengan jelas dalam situasi yang tidak
normal seperti adanya bencana ketika organisasi sedang tidak teratur maka
manjemen sangat dibutuhkan untuk membenahi organisasi agar menjadi lebih baik.
Keberhasilan mencapai tujuan sebenarnya tergantung pada tujuan yang akan di
capai dengan cara menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan tersebut
meskipun setiap organisasi mempunyai kekurangan sumber daya tetapi organisasi
memanfaatkan sumber daya tersebut.
Jadi organisasi membutuhkan manajemen terutama untuk dua hal
yang terpenting yaitu:
1.
Percapaian tujuan secara efektif dan efisiensi
2.
Menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling
bertentangan dan menemukan skala prioritas. Salah satu wujud dari organisasi
adalah terlihat adanya struktur organisasi.
Struktur organisasi adalah pengaturan pekerjaan untuk di
laksanakan dalam suatu bisnis. Struktur organisasi di maksudkan untuk membantu
mewujudkan tujuan bisnis dengan cara mengatur pekerjaan yang harus di lakukan.
Meskipun demikian tidak terdapat satu metode manajemen yang paling baik untuk
mengatur suatu organisasi. Cara mengatur organisasi tergantung atau di
sesuaikan dengan kondisi organisasi yang tentu masing-masing organisasi
memiliki ciri suatu organisasi .
B. LEADERSHIP
Pengertian leadership atau kepemimpinan menurut para ahli
adalah kemampuan dalam mengatur dan mengelola sebuah organisasi yang mencakup
kepentingan organisasi tersebut.
Dalam kepemimpinan tentu ada seorang pemimpin yang bertugas
untuk menjalankan semua organisasi atau perusahan. Istilah leadership berkaitan
dengan kecakapan,sikap,ketrampilan,dan pengaruh seseorang terhadap apa yang ia
pimpin.
Dalam kata leadership terdapat kata leader yang berarti
pemimpin . leadership mencakup kemampuan organisasi tertentu. Seperti kita
ketahui ,dalam suatu organisasi tentu membutuhkan peran penting dari seorang
pemimpin . dimana, pemimpin harus memiliki kualifikasi jiwa kepemimpinan yang
mampu mempengaruhi orang lain dalam melakukan aktivitas atau kegiatan yang
berkaitan dengan tujuan terbentuknya sebuah organisasi tertentu. Seorang
pemimpin harus tegas , dan juga bisa membawa dan mempengaruhi orang lain
sehingga tercapailah tujuan yang di harapkan dimana tujuan tersebut untuk
kepentingan bersama.
Adapun makna dari leadership sendiri untuk meliputi beberapa
komponen , seperti loyalitas , di siplin, maupun edukasi. Untuk loyalitas
sendiri, seorang pemimpin tentunya memiliki kemampuan untuk membangun loyalitas
terhadap organisasi kepada semua rekan kerjanya. Seorang pemimpin juga tentunya
bisa memberi loyalitas melalui kebaikan. Tak hanya itu , seorang pemipin juga
harus memberi edukasi yang baik kepada rekan atau bawahannya. Pemimpin tentunya
harus memiliki teladan dan juga mampu memberi contoh dalam hal berdisiplin sehingga
bisa menegakkan kedisiplinan terhadapat kegiatan yang dilakukan oleh
organisasi.
Comments
Post a Comment